serunya snmptn

ternyata, dibalik kejadulannya, snmptn itu seru ya! mulai dari pendaftarannya yang formulirnya pake ljk (think about um ugm yang pendaftarannya udah rto-real time on-line), balikin formulir yang harus ngantri lamaaaa banget, dan lawan-lawan kita yang dari seluruh indonesia raya… kalo dipikir-pikir, hal-hal macam itulah yang justru bikin kita makin excited buat tes. aku sendiri ngerasain betapa stressnya harus ngulang belajar lagi dalam waktu kurang lebih cuma sebulan, sementara isi otak ini rasanya udah menguap; betapa groginya ngisi formulir yang mbuletinnya harus bener-bener rapi (bayangin aja gimana rasanya kalo kita gak keterima cuma lantaran formulirnya gak kebaca scanner ljk!), sementara aku terbiasa mbuletin sembarangan (kalau buat um dan unas kan mbuletinnya gak harus rapi banget, yang penting penuh dan nggak mbleber ke buletan yang lain); betapa gerahnya ngantri balikin formulir di siang bolong; betapa surprisenya waktu tahu anak yang balikin formulirnya bareng sama aku ternyata datang jauh-jauh dari kalimantan (!!!!)…

hari tesnya sendiri gak kalah seru. aku (dan sebagian besar temen-temen sma-ku) kebagian tempat di fakultas pertanian ugm, di gedung a.4. fiuh, ternyata kompleks f.pertanian itu memanjang gitu dari selatan ke utara, dan gedung a.4 itu letaknya pol di bagian utara kompleks, padahal pintu gerbangnya ada di sebelah selatan (besoknya aku gondok banget waktu tahu kalau persis di sebelah gedung a.4 juga ada pintu gerbang!). mana ruang tesnya ada di lantai tiga pula. dan tempat duduknya model kursi kayu yang lebaaar banget (kursiku masih menyisakan tempat cukup luas bahkan walaupun aku naro tempat pensilku di situ), sementara ‘meja’ buat nulisnya keciiil banget (sampai buat naro lembar jawabnya aja nggak muat).

hari pertama tesnya kemampuan dasar dan soal-soalnya memang gak sesusah soal um. biarpun gitu, kalau mbayangin lawan-lawan kita yang se-indonesia raya, agak keder juga… hari kedua tes kemampuan ipa dan aku telat-gara-gara babe pake acara jalan-jalan pagi segala. padahal aku paling enggak harus udah sampe lokasi jam 7-an, dan begitu sampe gerbang udah jam 7.20! agak panik waktu ngeliat kompleks udah sepi dari para peserta tes. lari-lari deh dari gerbang sampai gedung a.4, naik ke lantai tiga, sampe dikatain sama tukang bersih-bersih (“ayo mbak, lari!”). hosh, hosh,… begitu sampe ruang tes, soal dan lembar jawab udah dibagiin dan kebanyakan udah pada selesai mbuletin bagian identitas diri. untungnya belum masuk waktu ngerjain ujian. dengan kaki dan tangan masih agak ndredeg, aku mbuletin bagian identitas diri sambil ngomong sama diri sendiri, tenang, tenang, masih ada banyak waktu… memang waktuku buat ngerjain jadi kepotong buat ngisi identitas, tapi gak banyak kok. paling gak aku bisa ngerjain cukup banyak, walaupun begitu keluar ruang tes jadi agak menyesal, kayaknya aku kebanyakan ngawurnya deh…

secara garis besar aku menganggap tes ini berjalan lumayan lancar-kecuali bagian telatnya itu. tapi gak apa-apa deh, kata kakak sepupuku, kebanyakan orang yang telat dateng waktu ujian justru keterima, buktinya, dia dan barengannya telat waktu spmb dulu sama-sama diterima, hehehe… ada-ada aja emang, tapi di-amin-in aja deh. terlepas dari urusan telat apa enggak, semoga aku dan teman-temanku bisa diterima dalam tes kali ini, amin!