mandala krida, 11 januari ’08

gigi

panas, panas, panas, panas, panas, badan ini,

yeah, man, konser gigi kali emang serius beneran luar biasa. walaupun hawa di sana memang panasnya gak kira-kira, gak nyesel deh bela-belain umpek-umpekan pas masuknya, kegencet-gencet. begitu masuk, jeeng-jeeng-jeeeeng, pas banget acaranya mulai—ada kembang api yang keren banget dan ada iringan lagu indonesia raya. kita (aku, dua kakak sepupuku dan seorang anak kos di tempat sepupuku) sempet berdiri sebentar sih di lapangan, tapi setelah mempertimbangkan faktor jumlah penonton yang bisa dipastikan bakal membludag plus faktor tinggi badan kita yang bakalan memaksa kita jinjit-jinjit selama dua jam lebih, akhirnya kita mutusin buat duduk di tribun aja deh. dan ternyata keputusan kita gak salah. gak gitu lama setelah kita duduk manis di tribun, orang-orang di luar gerbang udah mulai lempar-lemparan, naga-naganya mau ndobrak masuk gitu. terus gak lama juga setelah itu, kayanya memang gerbang lantas dibuka untuk ‘umum’ (alias yang gak bertiket) soalnya stadion yang tadinya ‘cuma separo penuh mendadak jadi kaya kapal bocor, orang-orang mengalir masuk gitu aja.

pertujukan dibuka dengan gigi nyanyiin beberapa lagu dari album mereka yang udah jadul (lupa apa aja, masih terfokus sama crowd-nya sih). pokoknya seingetku mereka nyanyiin sekitar 3/4/5 lagu sebelum menyapa para penjejal stadion. armand si vokalis sempet berpesan supaya mereka gak bikin rusuh. “alrigt, beibeh, kalo ada yang bikin rusuh, kita sebut aja, ‘ndeso! ndeso! ndeso!‘ ” dean seisi stadion pun ikut berseru ndeso! ndeso! ndeso!‘ huahahahaha, gokil abis!

terus giliran mereka perform sendiri-sendiri. budjana yang kebagian giliran pertama mainin beberapa lagu dari band-band lain—lagunya slank yang langsung dinyanyiin sama penonto, “kutak bisaa, jauuh, jauuh, darimuu..”, cuma sepotong terus disambung “dan demi waktuuu…”-nya ungu, dan “sebagai kenangan yang terindaaaah..”-nya samson, disusul “di ruang rinduuuuu,” dari letto. sebelum itu dia mainin gitar instrumental diiringi semacam gamelan bali gitu deh (gak gitu ngerti itu musik apa). dia sempet juga mainin lagu ”..o-ow, kamu ketahuan..”-nya matta. terus habis itu merka mainin beberapa lagu andalan mereka tempo doeloe seperti nirwana, kuingin, dsb. daaan, panggung mendadak digelapin. daaan, penasaran dong, apa yang bakal muncul habis itu. daaaan, hendi mendadak muncul di panggung yang (ternyata) ada di tengah para penonton terus main drum tunggal, keren banget plus ngagetin abisnya dia cepet banget pindahnya dari panggung utama pas kita lagi nggak ngeh gitu. keren gila!!!

omong-omong, pas di tengah- tengah show, para gigikita yang umpel-umpelan mepet panggung itu sempet teriak-teriak, ‘aer! aer!’. usut punya usut, ternyata kalo nontonnya dideket panggung yang ‘kepanggang’ laighting yang ribuan watt itu hawanya memang naudzubillahimindzalik panasnya. ooh, gitu toh, yah, maklum aja, pertama kalinya nonton konser gede sih! ;p

anyway, habis itu giliran si thomas nih, keren sih,suasananya jadi hip-hip dan ajeb-ajeb gitu. cuma perutku jadi rada protes, habisnya suara bass yang total dikerasin kan jadi menimbulkan sensasi musik ’jdug-jdug’ yang rada nggak nyaman buat jantung dan perut (apalagi perut kosong).

menurutku, konser gigi kali ini memang gak bisa disangkal kesuksesannya, baik dilihat dari jumlah penontonnya–yang dari tempat dudukku keliatan bak lautan gundul itu–maupun dari segi kualitas konsernya itu sendiri–sound-nya, lighting-nya, keprofesionalan panitia yang sukses menjaga jalannya konser sehingga tidak rusuh itu, dan yang jelas performance-nya gigi sendiri yang always seru, atraktif, dan menghibur.

ada yang berkesan banget buatku, waktu mereka mainin beberapa lagu dari album religius mereka; lailatul qadr yang meledak-ledak, kota santri yang asik, pintu sorga yang rock abis, dan entah kenapa waktu mereka mainin akhirnya, waktu armand sempet diem sementara musiknya jalan, terus seisi stadion nyanyiin liriknya,

KUSADARI AKHIRNYA KERAPUHAN IMANKU  TELAH MEMBAWA JIWA DAN RAGAKU  KE DALAM DUNIA YANG TAK TENTU ARAH    KUSADARI AKHIRNYA KAU TIADA DUANYA  TEMPAT MEMOHON BERANEKA PINTA  TEMPAT BERLINDUNG DARI SEGALA MARA BAHAYA
 REFF:
 OH TUHAN MOHON AMPUN  ATAS DOSA DAN DOSA  SELAMA INI  AKU TAK MENJALANKAN PERINTAHMU  TAK PEDULIKAN NAMAMU  TENGGELAM MELUPAKAN DIRIMU    OH TUHAN MOHON AMPUN  ATAS DOSA DAN DOSA  SEMPATKANLAH  AKU BERTOBAT HIDUP DI JALANMU  TUK PENUHI KEWAJIBANKU  SEBELUM TUTUP USIA  KEMBALI PADAMU  "

suasananya jadi syahdu gitu,…

finally, acara ditutup dengan dua lagu andalan mereka yang teranyar, nakal dan of course, 11 januari, lagi-lagi semuanya nyanyi bareng. lalu dengan salam penutupan dan ngasih hormat ke penonton, acara ini resmi selesai.

secara keseluruhan, sekali lagi ini konser memang luar biasa suksesnya, mengingat mereka sama sekali gak menyanding sponsor dan sama sekali gak ada tuh spanduk, baliho, umbul-umbul, bahkan poster di jalan- jalan layaknya konser-konser pada umumnya.

salut buat gigi!

salut juga buat jogja dong, kapan lagi coba, dimenangin dari jakarte, yo ra cah?

peace, love, and respect

Advertisements

ayat-ayat cinta de muvee

udah baca novel ayat-ayat cinta karangan habiburrahman el-shirazy belum? kereeen bangeett–biarpun harry potter tetep yang terkeren sih. maknanya daleeeem dan seperti kata anak-anak, ‘mak jlebb’. bener-bener menyadarkan orang-orang lalai sepertiku ini. daaan filmnyaaa, filmnyaaaa, belum diputer sih, tapi apalagi setelah tahu kalo yang main fedi nuril, jadi makin gak sabar nih, nunggu kapan rilisnya. oh ya, betewe, hepi nyu yer yaw smoga tahun 2008 gak membawa lebih banyak bencana lagi buat indonesia smoga tahun ini membawa kesuksesan bagiku soalnya masa depanku bakal ditentukan pada banyak event yang bercokol di tahun ini doakan aku yah! =]